Belitung Luncurkan Desa Digital Pertama Se Babel

Tanjungpandan, Media Center – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos meluncurkan aplikasi Desa Digital ditandai dengan penekanan tombol pada layar monitor di Gedung Serba Guna Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung, Selasa (2/2/2021).

Aplikasi desa digital ini adalah hasil kolaborasi antara Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Belitung yang didukung oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Belitung serta Bank Sumsel Babel cabang Tanjungpandan.

Dalam sambutannya, Bupati Sahani mengatakan ini merupakan aplikasi yang pertama kali di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pada kesempatan ini diluncurkan beberapa aplikasi yang mendukung pengembangan desa digital, yaitu Sistem Keuangan Desa (www.siskeuded.belitung.go.id), transaksi non tunai (www.banksumselbabel.com), website desa (www.desa.belitung.go.id) dan sistem informasi pelayanan masyarakat (www.sipmas.belitung.go.id).

Terkait sistem keuangan dana desa, Bupati berpesan kepada dinas terkait untuk membuat peraturan tentang pelaporan dana desa dan diharapkan kepada seluruh kepala desa agar membuat laporan setiap bulannya yang diteruskan kepada Wakil Bupati Belitung selaku koordinator.

“Ini adalah bentuk pembinaan kepada kepala desa,” lanjut Bupati Sahani.
Sementara itu, Kepala DPPKBPMD Kabupaten Belitung, Drs. Suksesyadi, M.Si dalam laporannya menjelaskan, desa digital merupakan program pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam pengembangan potensi desa, pemasaran dan percepatan akses serta pelayanan informasi kepada masyarakat.

Turut hadir Wakil Bupati Belitung, Perwakilan DPRD dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Belitung, Sekretaris Daerah, para Asisten di Lingkungan Pemkab Belitung, para Kepala Desa se Kabupaten Belitung serta tamu undangan lainnya. (Siti/IKP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × one =