BeritaTerbaruUncategorized

Inovasi Pekatik (Pelayanan Aktivasi Keliling) IKD

Tanjungpandan – Disdukcapil Kab. Belitung baru saja melaksanakan Sosialisasi Program  Inovasi Pekatik (Pelayanan Aktivasi Keliling) IKD di Prodi DIII Keperawatan Belitung, Poltekkes Kemenkes Pangkal Pinang, dipimpin lansung oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Belitung, Bapak Robert Harison, S.Sos, M.Si (09/09).

IKD atau Identitas Kependudukan Digital sendiri bukan hal baru, tapi masih asing dimasyarakat. Padahal dengan mempunyai IKD, penduduk akan mendapatkan keuntungan berupa kemudahan-kemudahan dalam mengakses layanan publik. Selain terdapat Dokumen Kependudukan, dalam aplikasi IKD juga terdapat menu pelayanan, seperti permohonan cetak Kartu Keluarga, perubahan pendidikan, Surat Keterangan Pindah, Kematian, dan lain-lain.

 

 

Apa itu Inovasi Pekatik ?

PEKATIK dalam Bahasa Belitung berarti semacam benda pemikat keberuntungan dan juga merupakan akronim dari Pelayanan Aktivasi Keliling Identitas Kependudukan Digital. Dengan PEKATIK, Pelayanan Aktivasi IKD bisa dilakukan di luar Kantor Disdukcapil Kabupaten Belitung, dengan cara berkunjung ke desa, sekolah, kampus, instansi-instansi publik, dan tempat keramaian umum lainnya. Selain itu, penduduk yang lansia ataupun dengan keterbatasan fisik dan transportasi juga bisa memanfaatkan inovasi pelayanan ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 1 =